Struktur Lemari

Dalam membuat lemari, ada berbagai pilihan struktur dan bahan. Berikut adalah pilihan-pilihan yang ada

Struktur Kayu

Lemari dengan struktur kayu umumnya menggunakan multiplex. Finishing bagian luar bisa menggunakan HPL atau cat duco. System ini praktis dan mudah dibuat. Biayanya bisa dibuat murah. Namun harus berhati-hati jika bahan multiplex yang digunakan tidak berkwalitas bagus.

Struktur Ambalan Modular Dinding

Struktur ini menggunakan modul untuk memasang ambalan di dinding. Terlihat praktis dan rapi. Kelemahannya adalah kurang kuat di beri beban berat sehingga umumnya hanya untuk pasang ambalan / shelving.

Struktur Kolom Tengah

Lemari dengan struktur kolom di tengah ini bisa dibuat berdiri bebas (floor to ceiling) atau di baut ke dinding (floor to wall). Struktur ini biasa bersifat modular sehingga serbaguna, mudah di pasang di tempat yang sulit. Kolom umumnya di buat dari besi.

Struktur Kolom Sudut

Struktur menggunakan kolom di sudut ini biasanya menggunakan metal. Struktur ini sangat kuat. Cocok digunakan untuk ruangan yang luas. Struktur ini lebih mahal daripada struktur lainnya. Ini adalah struktur yang paling kuat dan paling sulit di buat.

Ambalan Wall mounted

Rak ini dibuat tanpa struktur, Ambalan langsung di pasang di dinding. Ini adalah sebuah alternatif untuk media penyimpanan sederhana.

Referensi

  • https://www.diotti.com/en/design-walk-in-closet-guide
  • https://dfcstore.in/products/dfc%C2%AE-vian-engineered-wood-wall-decor-book-shelf-wall-display-rack-dark-wenge
  • https://www.vitsoe.com/gb/606
  • https://www.oppoliahome.com/product/built-in-closet-obw23-m04/